Banner Phylo Post, Marhaban Ya Ramadhan 1439 H

BREAKING NEWS

Siapa Itu Sir William Henry Perkin?

Siapa Itu William Henry Perkin? [google.com]


Siapa Itu William Henry Perkin?




Mungkin sebagian dari Anda telah membaca biografinya. Bagi mereka yang tidak tahu siapa Dia? Dan mengapa tiba-tiba muncul di atas halaman utama pencarian google.com, nama Sir William Henry Perkin?


Hari ini adalah hari besar bagi dunia sains, terutama kimia. Ya .... Hari ini adalah hari kelahiran Sir William Henry Perkin. Selamat ulang tahun tuan !!! Anda telah berkontribusi tidak hanya pada keluarga, tapi juga dunia sains.


Seperti dikutip wikipedia (english), bahwa Ia lahir di Ujung Timur Kota London pada tanggal 12 Maret 1838. Ia adalah anak bungsu dari tujuh bersaudara/ Ayahnya bernama George Perkin, seorang tukang kayu yang sukses. Ibunya, Sarah, keturunan Skotlandia, dan pindah ke London Timur saat kecil. Dia dibaptis di gereja paroki St Paul's, Shadwell, yang telah terhubung dengan tokoh-tokoh seperti James Cook, Jane Randolph Jefferson (ibu Thomas Jefferson) dan John Wesley.

Jika Anda ingin membacanya dalam Bahasa Inggris, Anda bisa baca : Who Was William Hendry Perkin?

Pada usia 14 tahun, Perkin merantau ke Kota London dan bersekolah di "London School", di mana dia diajar oleh Thomas Hall, yang memupuk bakat ilmiahnya dan mendorongnya untuk berkarir di bidang kimia.

Penemuan Kebetulan dari Mauveine


Pada tahun 1853, belum genap berusia 15 tahun, Perkin masuk "Royal College of Chemistry" di London (sekarang bagian dari Imperial College London), di mana dia memulai studinya di bawah naungan August Wilhelm Von Hofmann. Pada saat itu, kimia masih primitif, walaupun unsur-unsur utama telah ditemukan, dan teknik untuk menganalisa proporsi unsur-unsur berbagai senyawa sudah ada, namun masih merupakan proposisi yang sulit untuk didefinisikan susunan unsur-unsur dalam senyawa tersebut. Hofmann telah menerbitkan sebuah hipotesis tentang bagaimana memungkinkan untuk melakukan sintesis "kina". Zat alami yang mahal dan banyak dibutuhkan untuk pengobatan malaria. Setelah menjadi salah satu asisten Hofmann, Perkin memulai serangkaian percobaan untuk mencapai tujuan ini.

Selama liburan Paskah di tahun 1856, sementara Hofmann mengunjungi daerah asalnya di Ujung London Timur, Perkin melakukan beberapa eksperimen lanjutan di laboratorium sederhana di apartemennya di lantai atas rumahnya di Cable Street di London timur. Di sinilah ia membuat "penemuan kebetulan" yang hebat: anilin dapat diubah sebagian menjadi campuran kasar yang jika diekstraksi dengan alkohol, menghasilkan zat dengan warna ungu intens. Perkin yang tertarik dengan lukisan dan fotografi, menjadi antusias dengan hasil ini dan melakukan percobaan lebih lanjut dengan temannya, Arthur Church dan saudaranya Thomas. Karena percobaan ini bukan bagian dari tugas mengenai "kina" yang telah ditugaskan ke Perkin, ketiganya kemudian membawa dan menyimpan hasil temuan tersebut di sebuah gubuk di kebun Perkin dengan tujuan untuk merahasiakannya dari Hofmann.

Mereka merasa puas bahwa mereka mungkin bisa meningkatkan produksi zat ungu dan mengkomersilkannya sebagai pewarna, yang mereka sebut mauveine. Eksperimen awal mereka menunjukkan bahwa itu dicelupkan ke sutra dengan cara yang stabil saat dicuci atau terkena cahaya. Mereka mengirim beberapa sampel ke perusahaan pencelupan di Perth, Skotlandia, dan mendapat jawaban yang sangat menjanjikan dari General Manager perusahaan tersebut, Robert Pullar. Perkin mengajukan hak paten pada Agustus 1856, saat ia masih berusia 18 tahun.

Profesor Charles Rees mengenakan dasi kupu-kupu yang dicelup dengan sampel asli mauveine sambil memegang jurnal "Royal Society of Chemistry" yang dinamai dengan nama Perkin.

Pada saat itu, semua pewarna yang digunakan untuk mewarnai kain adalah zat alami, banyak di antaranya mahal dan sehingga peng-ekstrak-annya dilakukan secara "padat karya" atau gotong royong. Selain itu, banyak yang kurang stabil, atau tahan luntur. Warna ungu, yang merupakan bekas aristokrasi dan prestise sejak zaman kuno, sangat mahal dan sulit diproduksi, karena pewarna yang digunakan, dikenal dengan nama "Tyrian ungu", dibuat dari lendir kelenjar moluska tertentu. Ekstraksinya bervariasi dan rumit. Jadi Perkin dan saudaranya menyadari bahwa mereka telah menemukan kemungkinan pengganti atau alternatif yang produksinya bisa sukses secara komersial.

Perkin tidak dapat memilih waktu atau tempat yang lebih baik untuk penemuannya: Inggris adalah tempat lahir Revolusi Industri, yang sebagian besar didorong oleh kemajuan produksi tekstil.Ilmu kimia telah maju sampai pada titik di mana ia bisa memiliki dampak besar pada proses industri. Dan tar batubara adalah sumber utama bahan bakunya, yang juga merupakan hasil sampingan yang melimpah dari proses pembuatan gas batubara dan kokas.

Setelah menemukan pewarna itu, Perkin masih dihadapkan pada masalah menaikkan modal untuk memproduksinya, membuatnya dengan harga murah, mengadaptasinya untuk digunakan dalam pencelupan kapas, mendapatkan penerimaan untuknya di antara dermawan komersial, dan menciptakan permintaan publik untuk itu. Dia aktif di semua bidang ini. Dia membujuk ayahnya untuk mengumpulkan modal, dan mengajak saudara laki-lakinya untuk bermitra dengannya membangun sebuah pabrik. Dia telah menemukan mordan (pewarna) untuk kapas. Dia memberikan saran teknis ke industri pencelupan; dan dia mempublikasikan penemuan pewarnanya. Permintaan publik meningkat ketika warna yang sama diadopsi oleh Ratu Victoria di Inggris dan oleh Permaisuri Eugenie, istri Napoleon III, di Prancis, dan ketika rok merk crinoline atau hooped. Manufakturnya (pembuatannya) menggunakan kain dalam jumlah yang besar, menjadi "fashionable" atau mode (modis). "Everything fell into place" dengan kerja keras dan waktu yang beruntung, Perkin menjadi kaya. Setelah penemuan mauveine (pewarna ungu muda), banyak pewarna anilin baru muncul (beberapa ditemukan oleh Perkin sendiri), dan pabrik yang memproduksinya dibangun di seluruh Eropa.


Dalam Budaya Populer

Penemuan ini menjadi pokok pertanyaan pada musim 2012 kuis BBC menunjukkan Eggheads. Travel Channel menampilkan penemuan Perkin pada acara Misteri di Museum pada tanggal 24 Januari 2013 (S4.E8). Perkin adalah subjek Google Doodle pada tanggal 12 Maret 2018.

Tahun kemudian


William Perkin melanjutkan penelitian aktif dalam kimia organik selama sisa hidupnya: dia menemukan dan memasarkan pewarna sintetis lainnya, termasuk Britannia Violet dan Perkin's Green; Ia menemukan cara membuat kumarin, salah satu bahan baku parfum sintetis pertama, dan asam cinnamic. (Reaksi yang digunakan untuk membuat yang terakhir ini dikenal sebagai reaksi Perkin.) Pengetahuan lokal mengatakan bahwa warna Kanal Grand Union di dekatnya berubah dari minggu ke minggu tergantung pada aktivitas di kreasi Perkin's Greenford. Pada tahun 1869, Perkin menemukan sebuah metode untuk produksi komersial dari antrasena dari pewarna merah terang alizarin, yang telah diisolasi dan diidentifikasi dari akar yang lebih gila sekitar empat puluh tahun sebelumnya pada tahun 1826 oleh ahli kimia Prancis Pierre Robiquet, bersamaan dengan purpurin, pewarna merah lainnya dari kepentingan industri yang lebih rendah, namun perusahaan kimia Jerman BASF mempatenkan proses yang sama satu hari sebelum dia melakukannya. Selama dekade berikutnya, Kekaisaran Jerman yang baru dengan cepat melampaui Inggris sebagai pusat industri kimia Eropa. Pada tahun 1890-an, Jerman memiliki monopoli yang hampir dalam bisnis dan Perkin terpaksa menjual kepemilikan dan pensiunnya.

Kematian


Perkin meninggal pada tahun 1907 karena pneumonia dan komplikasi lainnya akibat usus buntu yang meledak. Dia dimakamkan di halaman Christchurch, Harrow, Inggris

Keluarga


Perkin menikahi Jemima Harriet, putri John Lissett, pada tahun 1859, yang menghasilkan dua putra, (William Henry Perkin Jr. dan Arthur George Perkin). Pernikahan kedua Perkin terjadi pada tahun 1866, kepada Alexandrine Caroline, putri Helman Mollwo, yang menghasilkan satu anak (Frederick Mollwo Perkin) dan empat anak perempuan. Ketiganya menjadi ahli kimia.

Tanda Jasa, Penghargaan dan Perayaan


William Henry Perkin? [wikipedia]


Perkin menerima banyak penghargaan seumur hidupnya. Pada bulan Juni 1866, dia terpilih sebagai Fellow dari Royal Society. Pada tahun 1879, menerima Royal Medal mereka dan, pada tahun 1889, Medali Davy mereka. Dia gelar bangsawan pada tahun 1906, dan pada tahun yang sama dianugerahi Medali Perkin pertama, yang didirikan untuk memperingati ulang tahun kelima puluh penemuan mauveine. Saat ini, Medali Perkin diakui secara luas sebagai penghargaan tertinggi dalam kimia industri A.S. dan telah dianugerahi setiap tahun oleh bagian American Society of Chemical Industry.

Perkin adalah seorang Livery dari Leathersellers 'Company selama 46 tahun dan terpilih sebagai Master of the Company untuk tahun 1896-97.

Hari ini plakat biru menandai lokasi rumah Perkin di Cable Street, melalui persimpangan dengan King David Lane, dan pabrik Perkin di Greenford, London Barat.


Direkomendasikan untuk Anda
 : 
Bagaimana Cara Menerapkan 36 Strategi China dalam Politik, Bisnis, dan Lainnya ?

Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Siapa Itu Sir William Henry Perkin?
Diposting Oleh
Anda bebas meng-copy paste artikel ini, namun sebaiknya berikan link DOFOLLOW yang menuju pada artikel Siapa Itu Sir William Henry Perkin? ini. Jika Anda Suka Silahkan SHARE Artikel ini ke Media Sosial atau Blog Anda. Terima kasih atas perhatian Anda